Selasa, 30 November 2010

kebun teh

Pesona Kebun Teh Kemuning

This item was filled under [ Agrowisata ]
Dalam perjalanan menuju Candi Cetho, kami melewati sebuah perkebunan teh yang cukup luas yang dinamakan Perkebunan Teh Kemuning. Jalanan yang melewati perkebunan teh ini cukup menanjak sehingga kendaraan kami berjalan pelan-pelan sambil menikmati keindahan tempat ini.
Kebun Teh Kemuning terletak di Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar menyimpan pesona wisata alam berupa perkebunan teh yang panoramannya mirip dengan perkebunan teh yang terdapat di kawasan Puncak Bogor.

Memasuki sebuah jalanan berliku yang dilihat dari atas mirip dengan salah satu jalur di kawasan Puncak Bogor namun masih terlihat lebih alami. Warung makan yang banyak terdapat di tepi jalan kawasan perkebunan teh Puncak tidak ditemukan disini. Tidak satu pun kami memenuhi sebuah warung di tepi jalan perkebunan teh Kemuning ini.
Perkebunan Teh Kemuning ini dikelola oleh PT Rumpun Sari Kemuning dan menempati gedung yang terletak disekitar kawasan kebun teh.

Kami hanya bisa melihat para pekerja memetik teh dari kejauhan, namun bila anda beruntung anda bisa melihat para pekerja tersebut memetik di areaperkebunan yang dekat dengan jalan.
Luas lahan yang aktif berproduksi perkebunan ini adalah 392 hektar, dari total seluas 437 hektar. Sisanya untuk pabrik pengolahan teh, pembibitan, emplasemen dan rumah dinas atau rumah tinggal. Dari lahan aktif, bisa dihasilkan 12 hingga 15 ton daun teh basah.

Beberapa sudut area perkebunan memang memberikan pesona yang menawan dan menarik minat seseorang untuk berburu foto di area perkebunan ini.

Area kebun teh ini mampu menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke tempat ini sekedar hanya duduk di pinggir kebun teh maupun piknik di sekitar kebun teh. Saat ini belum ada sarana dan prasarana yang mendukung untuk menjadi kawasan wisata. Semoga kedepannya kawasan Kebun Teh Kemuning ini dikembangkan menjadi objek wisata alam pegunungan yang bisa menyamai pesona perkebunan teh yang terdapat di Puncak Bogor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar